Siasat Akal Demi Pundi-Pundi Rupiah Menghadapi Pandemi COVID-19 Bersama Internet dan Exabytes

Pandemi COVID-19 adalah bencana terburuk sepanjang hidup saya. Empat bulan ini, saya belum pernah keluar rumah selain untuk mengambil barang kiriman. Rasanya memang membosankan, tetapi ini adalah jalan terbaik demi kesehatan diri selama tingkat infeksi virus belum menurun dan vaksin yang teruji klinis belum ada.

Akibat pandemi COVID-19, semua sektor bisnis dan kalangan ekonomi tanpa terkecuali ikut merasakan dampaknya. Banyak pengusaha tidak mampu bertahan dan banyak tenaga kerja dirumahkan. Ketika pandemi belum berakhir, sangatlah penting untuk mulai memikirkan sumber pendapatan baru dan internet adalah salah satu jalan untuk mengadakannya. (Sumber: CNN Indonesia, Tribun Jakarta, dan Kompas.com, dengan pengolahan kreatif)

Di luar sana, masalahnya bukan lagi sekadar kebosanan berdiam di rumah, melainkan sudah berimbas ke masalah perut. Dengan pembatasan sosial, pendapatan usaha menurun dan banyak perusahaan malah merugi. Suka tidak suka, gaji pegawai harus dipotong dan mereka mungkin di-PHK jika tidak lagi memungkinkan bagi perusahaan untuk memertahankannya. Mencari pekerjaan baru tentu sulit di masa-masa seperti ini, apalagi jika mengharapkan gaji yang sama seperti ketika pandemi belum terjadi. Berbeda dengan sebelum pandemi, pekerjaan itu lebih mudah dicari. Jika tidak mendambakan pekerjaan tetap, masih banyak peluang lain yang bisa didapat dengan cukup mudah, misalnya menjadi pengajar kursus. Sekarang? Semuanya menjadi sulit.

Adaptasi kebiasaan baru sejak era pandemi COVID-19 yang membuat banyak orang tidak memungkinkan untuk keluar rumah tentunya memberikan peluang untuk para pebisnis online. (Sumber: PingPoint, Lombok Post, Finansialku, dan Radar Bromo -dari kiri atas ke kanan bawah-)

Ujung-ujungnya, kita harus keluar dari zona nyaman dan berani berjuang di balik ketidakpastian. Ketika pandemi datang dan kegiatan fisik terhenti, justru dunia maya semakin menggeliat. Sebagian besar orang beralih ke hal-hal yang bersifat daring, mulai dari berbelanja, bekerja, belajar, sampai mencari hiburan. Pertanyaannya, bagaimana kita harus bersikap dalam menghadapi peluang ini?

Berdagang online

Pasar itu tidak sempit dan harus dimaksimalkan untuk memeroleh keuntungan. Tarik minat target baru untuk menjadi pelanggan kita dan jangan sampai kita melupakan peluang dari orang-orang terdekat di sekitar. Kenali metodenya, raih pelanggan sebanyak-banyaknya, dan bukukan penjualan yang stabil.

Jika sebelumnya kita berjualan produk secara fisik, misalnya memiliki toko di rumah, sekarang mari dijual melalui jalur online alias menggunakan internet. Penjualan harus bisa dipastikan menjangkau mereka yang dekat maupun jauh. Keluarga, tetangga, dan rekanan bisa disasar melalui pesan di jejaring sosial dan aplikasi perpesanan, sedangkan target yang belum dikenal tentu membutuhkan juga platform e-commerce untuk meyakinkan mereka bahwa transaksi akan aman, tentu jika jenis produk yang dijual memungkinkan untuk itu.

Sukses dalam berdagang membutuhkan sinergi semua unsur yang terlibat, baik kualitas barang, harga yang kompetitif, promosi menarik, maupun mumpuninya layanan pelanggan. (Sumber : Toko Besi Permata, PNGItem, Business2Community, Uprint.id, dan Net Clipart -kiri atas ke kanan bawah-)

Beberapa strategi perlu diperhatikan. Pertama, berikan harga yang kompetitif. Di luar sana banyak orang berjualan daring, bahkan mungkin dengan riwayat penjualan yang lebih atraktif dan meyakinkan. Jadi, kecuali untuk produk yang bersifat terbatas, terapkan prinsip “marjin tipis asalkan volume penjualan besar” agar target tidak lari ke toko sebelah. Kedua, tidak selamanya berjualan hanya cukup dengan harga yang bersaing. Pelayanan juga harus prima, misalkan menjawab pertanyaan target dengan cepat, benar, dan ramah, bisa juga bersedia membantu pembeli untuk follow up ke kurir ketika barang tak kunjung sampai. Ketiga, promosi tidak melulu soal harga. Terkadang, target lebih sibuk mencari produk berdiskon atau dijual dengan promosi buy for get more, sehingga kita harus bisa menyesuaikan diri demi mendapatkan pangsa pasar. Keempat, produknya harus berkualitas, legal, dan sesuai kebutuhan konsumen. Jika barang tersebut ilegal, jelek, dan/atau tidak dibutuhkan, siapa yang mau beli? Kelima, sekalipun Anda sudah berpengalaman, gunakanlah rekening bersama yang terpercaya meskipun terkadang memerlukan sedikit biaya agar Anda dan pembeli sama-sama aman dari risiko penipuan.

Barang kebutuhan sehari-hari maupun pelindung diri dalam menghadapi pandemi, jasa menangani suatu pekerjaan sampai mengajar online, semuanya bisa dijadikan sumber pendapatan tanpa harus keluar rumah. (Sumber: karyaadiwangsa.co.id, exilocourse.com, fastwork.id, blanja.com, sqfi.com -dari kiri atas ke kanan bawah-)

Oh iya, produk yang dijual tidak harus berupa barang, dan jika barang pun Anda tidak harus memiliki persediaannya sendiri karena bisa melakukan praktek dropship. Akan tetapi, tentu lebih baik jika Anda memiliki stok sendiri agar tidak perlu bertanya dulu ketika pembeli mencarinya dan memastikan proses pengiriman berjalan cepat serta barang tidak mengalami kerusakan. Kemampuan untuk memproduksi produk itu sendiri tentu lebih baik, apalagi kalau tidak membutuhkan modal besar, misalkan saja jasa, ya kan? Jasa itu hanya membutuhkan kemampuan yang sudah ada di dalam diri dan peralatan yang sudah Anda miliki pula jika cermat memilihnya. Misalkan, jasa mengajar secara online, sunting foto, dan menerjemahkan transkrip tentu bisa dilakukan hanya dengan komputer pribadi di rumah.

Satu hal penting, jika barang yang Anda jual memiliki spesifikasi yang panjang, bernilai jual tinggi, dan pembeli mungkin sering menanyakan hal-hal tertentu pascapenjualan, atau Anda menjual jasa profesional, silakan mendirikan situs untuk company profile, product details, testimonial dan portfolio, sekaligus product catalog. Jangan menggunakan situs gratisan seperti WordPress.com atau Blogspot.com karena hal ini bisa jadi membuat Anda dianggap tidak modal dan tidak serius berjualan, bahkan berisiko melakukan penipuan. Jadi, sedikit keluarkan modal dengan membeli domain. Tenang, domain murah! Bingung belinya di mana? Bisa beli di Exabytes.

Menjadi tenaga pemasar online

Jika sebelumnya Anda bisa bertemu langsung dengan target, tetaplah bertemu secara profesional meskipun melalui media online. Jalin kedekatan, kenali target Anda, dan tetap tampil elegan agar dapat terkonversi menjadi penjualan.

Tidak hanya sekadar memeroleh keuntungan, Anda juga bisa berjuang meraih komisi dengan menjadi tenaga pemasar. Berita baiknya lagi, ada saja produk yang bisa dipasarkan secara online, karena produk tersebut tidak digunakan secara fisik dan target tidak harus bertemu dengan pemasar. Misalkan saja asuransi, di tengah pandemi seperti ini justru kesadaran akan pentingnya asuransi jiwa dan kesehatan meningkat.

Cara pemasaran menjadi tergolong tricky mengingat tidak semua orang memahami informasi dengan cara yang sama dan tidak bertemu cenderung membuat keadaan lebih sulit. Dengan demikian, Anda harus bisa beradaptasi, baik terhadap mereka yang lebih senang berdiskusi melalui text chat, voice call, maupun online presentation. Pastikan target memahami produk yang dijual dan kalian saling mengenal, misalnya dengan memerkenalkan diri secara lengkap dan menunjukkan wajah secara live melalui mekanisme video call.

Seringkali, ukuran dokumen yang dikirimkan kepada target tidaklah kecil dan semuanya harus terarsip dengan rapi untuk menghindari permasalahan terkait komunikasi di kemudian hari. Kapasitas besar sangatlah dibutuhkan dan profesionalisme lagi-lagi penting dengan tidak menggunakan mailbox gratis seperti GMail dan Yahoo Mail agar Anda tidak dikira sebagai pemasar yang tidak modal. Penggunaan mailbox gratis juga memungkinkan Anda dianggap spam dan target tidak tertarik membaca email karena identitas unik tidak langsung terlihat dari detil pengirim. Oleh karena itu, pertimbangkan email bisnis kapasitas besar dengan domain sendiri. Sekali lagi, ini tidak mahal kok.

Ketika ada target yang tidak jadi membeli produk yang Anda pasarkan, bukan berarti ditinggalkan begitu saja. Tindakan me-maintain hubungan agar suatu saat mereka terkonversi menjadi penjualan sangatlah penting, tetapi tidak boleh menghabiskan banyak waktu. Otomatisasi surel promosi dengan tetap menggunakan format yang menarik dan terpersonalisasi itu penting. Email bisnis dan solusi email marketing semuanya disediakan oleh Exabytes dengan harga terjangkau.

Ketika banyak orang kini tertarik untuk menjadi content creator dan mendirikan blog sendiri dengan hosting berbayar, sebenarnya muncul peluang pemasaran baru. Anda bisa membantu mereka yang tidak mengerti mengenai seberapa besar kebutuhan hosting mereka atau mungkin perlu VPS sampai dedicated server, karena Exabytes punya program afiliasi terbaik dengan komisi hingga 25 persen.

Menjadi content creator

Berdagang maupun menjadi tenaga pemasar itu menantang. Pesaingnya banyak, pendapatan per transaksi juga tidak besar-besar amat. Dengan menjadi content creator, lebih banyak peluang memeroleh pendapatan baik dari nilai per transaksi maupun sumber pendapatannya.

Berjualan itu tidak mudah karena merebut pangsa pasar itu tentu banyak saingannya. Belum lagi, kebutuhan modalnya tentu tinggi. Andaikan menjual jasa, meskipun masih bisa menggunakan perangkat elektronik yang masih ada, tarifnya seringkali rendah dan mungkin tidak memberikan kebebasan. Mencari uang sih iya, tetapi tentunya kebahagiaan diri itu tetap penting agar hidup seimbang.

Sejujurnya mencari uang itu bisa mengikuti passion, bahkan sambil bersantai dan mengalir seperti air. Kerjakan apa yang disukai, tolak jika tidak suka. Ketidakpastian terjadi di sini, tetapi jika dikerjakan dengan sungguh-sungguh bisa menghasilkan uang yang besar baik secara total maupun per kali kerja. Caranya? Membuat konten.

Banyak orang sulit “mencetak uang” dari konten yang dibuatnya. Oleh karena itu, pastikan peluang pendapatannya ada, topiknya dibutuhkan atau disukai oleh masyarakat, kontennya informatif dan menarik, publikasinya menjangkau banyak orang, dan pembuatnya pun dipercaya. (Sumber: Instagram, Google Trends, Pinterest, Live Admins, WOBC Magazine, dan Brilio -dari kiri atas ke kanan bawah-)

Blog dan vlog adalah dua pilihan paling menarik. Banyak peluang untuk mendapatkan pundi-pundi Rupiah dan beragam pula caranya, mulai dari hadiah lomba, content placement, endorsement, sampai tentunya iklan AdSense. Akan tetapi, selain yang pertama, tentunya cukup sulit untuk mendapatkannya karena tentu Anda membutuhkan views dan mungkin subscribers yang tidak sedikit. Jadi, jika Anda butuh uang banyak, mungkin mengikuti lomba lebih masuk akal ketika baru memulai karir di bidang ini. Seiring ada modal, bisalah mencoba yang lain.

Permasalahannya, seringkali pula lomba blog memasukkan popularitas sebagai poin plus. Hal ini sulit dilakukan jika murni mengandalkan kualitas tulisan. Sepengalaman saya, mempromosikan blog Anda di media sosial itu dampaknya bagus sekali, apalagi jika follower Anda banyak dan unggahan diikuti dengan hashtag yang efektif. Jadi, tidak ada salahnya dengan memulai karir sebagai content writer di media online yang sejalur dan sekalian dapat uang juga. Misalnya, jika Anda akan lebih banyak mengulas gadget dan mengikuti lomba blog atau vlog terkait gadget, tentu peningkatan eksposur akan efektif jika Anda menjadi kontributor di situs gadget. Blogwalking dan vlogwalking dengan meninggalkan komentar di unggahan content creator lain juga bagus untuk meningkatkan eksposur.

Solusi menjadi blogger berkualitas yang terus berkembang bersama mitra yang tepat

Di masa-masa awal blogging, wajar jika kita tidak memiliki modal dan memutuskan untuk menggunakan platform gratis. Akan tetapi, seiring dengan waktu, kita perlu menjaga kompetitivitas dengan menginstal tema dan plugins, di mana ini tidak dimungkinkan tanpa beralih ke hosting berbayar.

Nah, selanjutnya pembahasan dipersempit untuk blog ya. Seiring terbatasnya kapasitas blog gratis dan juga banyaknya kostumisasi yang dilarang, Anda tentu membutuhkan hosting berbayar. Dengan demikian, Anda bisa membuat blog tampil sekece mungkin sesuai kreativitas.

Performa mumpuni, reputasi positif, dan dukungan pascapenjualan yang atraktif membuat Exabytes Indonesia memiiki banyak pelanggan termasuk dari kalangan korporasi sampai lembaga pemerintah. (Sumber: Exabytes Indonesia)

Pertama, liriklah hosting terbaik Indonesia. Tentu syaratnya adalah kualitas layanan, reputasi dan pengalaman, serta dukungan pascapenjualan. Exabytes Indonesia adalah pilihan terbaik untuk kita, warga Indonesia. Servernya terletak di pusat bisnis kota Jakarta, tepatnya di Cyber 2 Tower, sehingga kecepatan akses oleh warganet Nusantara tergolong maksimal. Berpengalaman sejak 2001 dan didukung dengan bantuan teknis profesional nonstop 24 jam tanpa hari libur, uptime jaringan maupun server mendekati seratus persen dan itu berarti down-nya situs, alias keadaan di mana situs tidak bisa diakses, sangat jarang terjadi. Hal ini membuat banyak pelanggan percaya pada Exabytes dengan penilaian dan testimoni positif, termasuk juga klien-klien besar nan ternama.

Paket hosting WordPress dari Exabytes Indonesia memberikan keunggulan baik dari kecepatan akses, kemudahan manajemen, sampai keamanan situs, tersedia dalam empat paket dengan harga mulai dari Rp48.000 per bulannya. (Sumber: Exabytes Indonesia)

Khususnya bagi pemula, membuat konten paling mudah menggunakan WordPress. Exabytes menyediakan paket hosting WordPress terbaik dengan jaminan antilemot karena didukung penyimpanan berbasis SSD. Pengelolaan situs terasa lebih mudah karena menggunakan Plesk Panel dan harga berlangganan sudah termasuk domain berakhiran “.com” serta sertifikat SSL untuk pengamanan situs. Untuk menghindari kekecewaan, Exabytes tidak bermain dengan paket-paket yang terlalu murah dan sulit diandalkan. Paket termurah adalah WP Blogger seharga Rp48.000 per bulan dengan kapasitas penyimpanan 10GB dan RAM 2GB untuk menampung hingga sepuluh ribu pengunjung sekaligus dalam satu waktu. Tersedia pula dua email gratis dengan domain sendiri untuk meningkatkan profesionalisme.

Tidak sekadar domain berakhiran .com, Exabytes juga menyediakan domain lainnya untuk memenuhi kebutuhan organisasi, narablog, sampai kalangan berprofesi tertentu. Semuanya dengan biaya berlangganan di bawah Rp1 juta per tahun. (Sumber: Exabytes Indonesia)

Jika domain gratis berakhiran “.com” dirasa tidak cocok bagi Anda, mungkin ingin membuat identitas situs lebih kuat, silakan membeli domain lain dari Exabytes dengan harga sekitar ratusan ribu Rupiah saja per tahun. Layanan ini sudah termasuk perlindungan privasi WHOIS, sehingga pengunjung tidak dapat menelusuri alamat dan nomor telepon pribadi Anda.

Ingin mandiri dari platform e-commerce? Sudah punya basis pelanggan yang kuat? Dirikan toko online sendiri dan tidak perlu pusing mengelolanya secara teknis karena ada layanan EazyStore dari Exabytes. (Sumber: Exabytes Indonesia)

Seiring usaha yang semakin sukses, mungkin Anda juga akan merambah ke toko online. Jika awalnya mengandalkan platform untuk membangun popularitas dan kepercayaan konsumen, tentu lama kelamaan Anda ingin meng-handle sendiri sehingga tidak tergantung pada pihak ketiga. Exabytes juga menyediakan layanan bernama EazyStore untuk membuatkan dan mengelola toko online sehingga tinggal terima beres.

Tidak membutuhkan layanan aplikasi perkantoran? Harga penyedia layanan surel asal luar negeri terlalu mahal? Exabytes menyediakan email bisnis berkapasitas besar lengkap dengan fitur video conference, tetap dengan tarif yang terjangkau. (Sumber: Exabytes Indonesia)

Dengan banyaknya bisnis yang dirambah, mungkin Anda perlu membangun tim untuk meningkatkan pendapatan. Solusi email bisnis melalui layanan EBiz Mail Pro berkapasitas 25GB per pengguna dengan fitur keamanan antispam dan kemampuan kolaborasi tim mulai dari kalender sampai video conference bisa diperoleh mulai dari Rp42.000 per bulan, untuk lima pengguna.

Dengan konsep yang menarik, surel promosi yang dikirim secara otomatis tetap terasa personal bagi mereka yang menerimanya dan meningkatkan potensi untuk mendatangkan pendapatan bagi Anda. (Sumber: Exabytes Indonesia)

Dalam mempromosikan konten dan/atau produk di situs, Anda bisa memanfaatkan layanan EBuzzzz Email Marketing dengan harga mulai dari Rp99 ribu per bulan untuk seribu subscribers dan seribu surel yang dikirim dalam satu bulan. Penggunaannya sangat mudah dengan tampilan yang menarik dan sesimpel membuat presentasi dengan PowerPoint secara umum. Setelah merasa puas, jangan lupa ajak kenalan Anda untuk bergabung dengan Exabytes dan dapatkan komisi afiliasinya.

Selamat berjuang, tetap perhatikan kesehatan Anda

Produktivitas di masa pandemi COVID-19 penting untuk memertahankan terpenuhinya kebutuhan dan sehatnya derajat finansial, tetapi jangan sampai imunitas menjadi turun dan pada akhirnya jatuh sakit. (Sumber: ACC -kiri-, HaloDoc -kanan-, dengan pengolahan kreatif)

Akhir kata, selamat memperjuangkan pundi-pundi Rupiah di tengah pandemi COVID-19 ini. Kita tentu berharap musibah ini cepat berakhir dan kehidupan segera pulih seperti sediakala, tetapi kita juga harus siap dalam menghadapi kondisi terburuk. Mengingat besar pendapatannya tidak tetap dan cenderung lebih kecil, kita perlu bekerja ekstra dalam mencari pendapatan tambahan ini. Akan tetapi, tetap perhatikan kesehatan Anda dan jangan sampai kekurangan istirahat apalagi jatuh sakit, karena imunitas tubuh sangat penting dalam kondisi seperti ini. Semangat!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.