Travelling dan Tetap Kerja Tanpa Worry dengan The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook, ASUS VivoBook Ultra A412DA!

Namanya juga orang Jakarta, hidup harus kerja keras. Biaya hidup di sini sangatlah mahal meskipun sudah irit-irit, bahkan untuk seorang mahasiswa seperti saya. Tidaklah mengherankan jika sepulang sekolah, kuliah, atau bekerja, orang-orang Jakarta masih berusaha mencari pekerjaan sampingan baik fisik maupun online. Saya sendiri memilih jalan untuk menjadi blogger kompetitif dengan waktu menulis di sepanjang perjalanan pulang-pergi, sepulang kuliah jika sempat, dan di akhir pekan.

IMG_20180126_222931_425

Namanya manusia bisa penat juga. Ketika rasa jenuh itu datang dan pikiran membeku, saya butuh menyegarkan hati dan pikiran dengan travelling. Paling tidak sih kalau waktunya sempit ke coffee shop, kalau lebih senggang bisa jadi pergi ke luar kota. Karena biayanya tidak sedikit, tak jarang liburan ini diselingi juga dengan kegiatan blogging agar pendapatannya bisa menutupi jajan-jajan saya.

Membeli laptop yang mumpuni untuk kuliah aktuaria sekaligus blogging secara profesional sambil jalan-jalan tidaklah mudah. Mahasiswa aktuaria membutuhkan komputer yang mumpuni untuk berpresentasi, menyelesaikan permasalahan matematika numerik, membuat program, dan mengolah data. Spesifikasi minimum untuk bisa menjalankan aplikasinya tidaklah ringan, terlebih lagi jika ingin performa yang lancar dan cepat tanpa hambatan.

Menjadi blogger profesional juga tidak kalah menantang di era modern seperti ini. Saya dituntut untuk bisa mengolah grafis maupun video dengan ciamik di luar kata-kata indah nan informatif demi bisa kompetitif. Meskipun katanya hal-hal ini bisa dilakukan dengan smartphone, tetap saja fitur aplikasi dan kemampuan pemrosesannya kalah saing dengan laptop.

r1

Tiga laptop berbeda sudah pernah saya gunakan sepanjang hidup. Laptop pertama yang dibeli pada tahun 2008, memang memiliki spesifikasi dan ukuran layar yang ideal tetapi luar biasa berat untuk dijinjing, baterainya bertahan paling lama dua jam, adaptor-nya rusak berkali-kali, dan keyboard pun begitu ringkih. Laptop kedua, lebih tepatnya netbook, memang menawarkan daya tahan baterai hingga sepuluh jam, beratnya cocok untuk travelling, dan ketahanannya sekalipun jatuh dari ketinggian begitu luar biasa, tetapi performanya sama sekali mengecewakan. Laptop ketiga, ASUS VivoBook A442UQ, menawarkan ukuran layar seperti laptop pertama, tetap memiliki DVD drive, spesifikasinya mumpuni, dan beratnya sama seperti netbook, tetapi tidak cukup tipis untuk dimasukkan ke tas jinjing saya. Jika mau membawanya, saya harus menggunakan backpack bawaan ASUS khusus untuk dirinya sendiri. Repot ya, ke mana-mana membawa laptop harus siap dengan lebih dari dua tas. Selain risiko tertinggal, kehilangan akibat dicuri juga sangat rawan dalam kondisi seperti ini.

Setelah melihat channel YouTube milik Kak Raditya Dika, saya tertarik dengan ASUS VivoBook Ultra A412 yang diberikannya untuk sang istri demi bisa menemani anaknya sambil bekerja. Dalam videonya, beliau berusaha menunjukkan bahwa sang The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook ini cocok untuk digunakan mulai dari kebutuhan komputasi ringan, sedang, hingga berat dengan dimensi yang ringkas. Bahkan, salah satu adegan di dalam video tersebut menunjukkan bahwa laptop ini bisa masuk kantong!

Sayang, laptop di video ini adalah varian yang menggunakan prosesor si biru dan tentu harganya bisa jadi kemahalan bagi sebagian orang termasuk kantong saya. Ditambah lagi, mungkin karakteristik prosesor dengan basis clock speed yang rendah kurang cocok untuk kebutuhan sebagian orang dan kapasitas penyimpanannya kurang. Apakah respon ASUS? Ya, ASUS melahirkan varian laptop ini dengan prosesor AMD tepatnya A412DA! Tipisnya tetap, ringannya tetap, kencangnya tetap, dan harganya lebih terjangkau. Ditambah lagi, warna-warninya juga tetap untuk sesuaikan dengan karakteristik diri dan ekspresi kita.

Colourful Life with VivoBook Ultra

Wah, Kak Cevan, keunggulannya apa saja? Harganya berapa ya? Apakah kita cocok dengan laptop ini? Tenang, itu akan saya bahas dalam paragraf-paragraf berikutnya. Akan tetapi, mari kita memulai dengan melihat spesifikasi ringkas berikut ini.

Vivobook Ultra A412A Specsheet

Paling ringkas di kelasnya

VivoBook Ultra A412DA hadir sebagai anggota keluarga VivoBook paling ringkas di kelasnya, bahkan tidak hanya di lini VivoBook tetapi juga dibandingkan dengan merek lainnya di pasaran. Dengan ukuran layar 14 inci dan resolusi Full HD, tampilan dijamin ideal tanpa harus sering melakukan scrolling ketika berurusan dengan dokumen atau menjelajah dunia maya, bahkan menonton konten multimedia pun harusnya sangat nyaman. Untuk pengalaman seperti ini, bobotnya hanya 1.5 kg (termasuk baterai) dan ketebalannya hanya 19.5 mm sehingga mudah dibawa ke mana-mana dengan berbagai tas sekalipun ditumpuk dengan barang lain.

Compact Dimension of VivoBook Ultra

Bezel di sisi-sisi layar pun begitu tipis, hanya 5.7 mm berkat teknologi NanoEdge Display dan sudah memuat webcam beresolusi HD sehingga tampilan laptop bisa lebih elegan dan dimensinya semakin kompak.

NanoEdge Display of VivoBook Ultra

Bagi kalian yang hidupnya sebagian besar habis di jalan seperti saya (tepatnya 5-to-8 living), VivoBook Ultra A412DA ini bisa menemani kalian untuk belajar, menyelesaikan pekerjaan, dan meraup pundi-pundi Rupiah. Sekali lagi karena bobotnya yang ringan dan dimensinya kompak, tidak ada kesulitan untuk duduk sambil memangkunya di perjalanan selama aman dan tidak mengganggu orang di sekitar kita. Di KRL Commuter Line, di mobil pribadi, atau di MRT misalnya, bisa kan?

Long Life Battery of VivoBook Ultra

Warna-warni yang ceria, baik bodi maupun tampilan layar

Ditambah lagi, warna-warni yang begitu ceria dan ekspresif sangat cocok untuk segala kalangan usia. Dari segi bodi, empat warna bodi yang dihadirkan ASUS terlihat begitu elegan, yaitu transparent silver (perak), slate grey (abu-abu), coral crush (merah), dan peacock blue (biru). Pasangan yang sedang dimabuk asmara (baca : bucin) bisa membeli laptop bertipe sama dengan warna yang serasi, entah perak dengan abu-abu atau merah dengan biru. Dari segi layar, teknologi LED Anti-Glare 60Hz membuat tampilan begitu akurat dan tajam sehingga memanjakan mata. Selain bisa mengekspresikan diri, warna yang unik ini membuat laptop kita ini tidak mudah tertukar atau hilang ketika berada di ruang publik.

Diperkuat oleh prosesor terbaru AMD Ryzen

Di pasaran, orang-orang lebih suka merekomendasikan laptop dengan kombinasi prosesor dan GPU dari kubu biru-hijau. Meskipun harus merogoh kantong lebih dalam, konsumsi daya lebih hemat, daya tahan baterai lebih lama, suhu perangkat lebih adem, dan performa tentu lebih baik. Dikatakan bahwa prosesor AMD tidak akan bisa menyainginya sekalipun dengan konsumsi daya yang lebih besar, ah itu kan masa lalu!

VivoBook Ultra A412DA ini diperkuat oleh prosesor terbaru berperforma tinggi nan hemat daya dari keluarga AMD Ryzen generasi ketiga. Tepatnya, varian bawah diperkuat oleh Ryzen 3 3200U yang performanya bisa dikatakan setara dengan prosesor hemat daya “si biru” i5 generasi ke-7, sedangkan varian atas diperkuat oleh Ryzen 5 3500U yang setara dengan prosesor hemat daya “si biru” i7 generasi ke-8. Daya yang mereka konsumsi sama saja, yaitu 15W. Keunggulan AMD Ryzen dibandingkan saingannya itu terletak pada base clock speed yang tinggi sehingga performa komputasi terasa lebih stabil khususnya di aplikasi yang lebih mementingkan kecepatan prosesor dibandingkan jumlah inti pada prosesor.

Live Look by Gadgetren

Kartu grafisnya juga luar biasa baik untuk video rendering, olah grafis, maupun gaming. Varian bawah memiliki Radeon Vega 3 yang setara dengan “si hijau” 920MX dan varian atas memiliki Radeon Vega 8 yang setara dengan “si hijau” MX130. Pemrosesan grafis berlangsung lebih lancar dan cepat serta menghasilkan tampilan dengan frame rate lebih tinggi. Semua ini disempurnakan oleh RAM berjenis DDR4 sebesar 4GB untuk varian bawah dan 8GB untuk varian atas. Bye-bye nge-lagbye-bye force closebye-bye not respondingbye-bye restart mendadak karena tak kuat!

Performance

Kapasitas penyimpanan besar

Pekerjaan kita sendiri tentu sudah memakan ruang yang cukup besar untuk menginstal aplikasi dan menyimpan dokumen. Ketika memutuskan untuk mencari pekerjaan sampingan sebagai blogger, ruang yang dibutuhkan semakin besar untuk menginstal aplikasi terkait konten kreatif, menyimpan materi dan dokumentasi yang akan diolah, serta mencadangkan konten-konten yang pernah kita unggah dan siapa tahu bisa digunakan kembali di masa yang akan datang. Ditambah lagi dengan hobi menonton film dan bermain game, luar biasa kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Akan tetapi, kita bisa tenang dengan VivoBook Ultra A412DA karena kapasitas HDD-nya sudah mencapai 1TB!

Konektivitas kabel dan nirkabel yang kaya

Ketika berada di luar, tidak ada internet kabel sehingga kita harus menggunakan tethering hotspot dari ponsel pribadi atau menghubungkan diri ke jaringan WiFi publik. Ketika ingin berpresentasi, kita akan menghubungkan laptop kita ke proyektor dan di era konten berdefinisi tinggi seperti sekarang, HDMI menjadi pilihan terbaik. Ketika butuh untuk memindahkan data dari dan ke ponsel, bisa jadi kita menggunakan kabel USB demi pengiriman lebih cepat atau justru Bluetooth jika lupa membawanya. Ketika menjalankan peran sebagai travel blogger dengan kamera saku di tangan, foto dipindahkan dari perangkat ke laptop dengan cara membaca kartu microSD sebagai tempat penyimpanan foto. Ketika ingin merekam video dengan suara, narasi kita memerlukan mikrofon untuk kenyaringan dan kejelasan suara yang lebih baik. Ketika menikmati film atau musik di ruang publik, kita membutuhkan headset untuk bisa mendengarkannya tanpa harus menimbulkan gangguan.

Apapun konektivitas yang dibutuhkan, baik kabel maupun nirkabel, ASUS sudah menyediakan semuanya di VivoBook Ultra A412DA. Tidak hanya lengkap, tetapi teknologinya juga sudah yang terbaru. Mereka adalah WiFi 5, Bluetooth 4.2, USB 3.1, USB-C, dan HDMI. Dukungan terhadap perangkat lebih lawas tetap dipertahankan melalui kehadiran USB 2.0, combo audio jack, dan microSD card reader.

Connectivities of VivoBook Ultra

Mengetik dengan nyaman sekalipun di kegelapan

Mengetik dengan nyaman, terlebih ketika memangku laptop di perjalanan, adalah dambaan semua orang. Untuk itu, ASUS menghadirkan engsel ErgoLift yang mengangkat keyboard dengan sudut dua derajat demi posisi pengetikan sempurna setiap saat. Ketika alasnya cukup pendek dibandingkan tangan, sudut ini membuat kita tidak perlu pegal-pegal bersusah payah untuk merogoh tuts keyboard di laptop.

Ergonomic Keyboard of VivoBook Ultra

Ukuran tutsnya pun penuh dengan key travel sejauh 1.3 mm sehingga tidak hanya nyaman, tetapi juga kuat, ergonomis, dan tahan lama. Sekalipun berada di kegelapan, kita tidak perlu khawatir salah menekan tuts karena keyboard ini dilengkapi dengan backlit yang tidak hanya membantu tetapi juga meningkatkan kemewahan VivoBook Ultra A412DA ini.

Backlit Keyboard of VivoBook Ultra

Kualitas audio memukau

Menonton film tidak memuaskan dan terasa tidak hidup jika kualitas suaranya jelek, begitu juga dengan membuat konten kreatif tidak akan afdol tanpa narasi pembicara yang jelas dan soundtrack yang merdu. Untuk itu, laptop yang digunakan harus memiliki kualitas audio memukau dan itu semua ada di VivoBook Ultra A412DA ini. Kombinasi perangkat keras, perangkat lunak, dan penyetelan audio yang berpadu dalam teknologi ASUS SonicMaster memberikan pengalaman audio terbaik. Codec profesional mengolah audio dengan tepat, sementara amplifier, speaker besar, dan ruang resonansi memastikan pengiriman audio yang kuat dan bass yang lebih dalam. Pemrosesan dan penyetelan sinyal tambahan memperbaiki detil, menyaring kebisingan, dan meningkatkan kejernihan audio sehingga suara yang Anda dengarkan benar-benar hidup, akurat, dan mendalam.

SonicMaster of VivoBook Ultra

Daya tahan baterai mumpuni ditambah dengan teknologi pengisian daya cepat

Yang namanya commuter sehari-hari dan travelling itu memiliki kesamaan, sama-sama susah menemukan stopkontak listrik di luar. Sekalinya bertemu, waktu untuk mengisi daya sangatlah sebentar dan sudah harus pergi lagi. Setibanya di rumah, tidak hanya laptop yang minta diisi dayanya tetapi juga smartphone. Dengan tubuh yang lelah dan pengisian daya yang lama, siap-siap ketiduran sampai-sampai perangkat menjadi overcharge dan belum lagi risiko kebakaran di malam hari yang siap menghantui.

Dengan kapasitas baterai yang cukup besar dan penggunaan komponen hemat daya, VivoBook Ultra A412DA mampu bertahan dalam penggunaan seharian untuk sekali pengisian penuh. Ditambah lagi tersedia fitur fast charging untuk pengisian 60% daya dalam 49 menit. Tak sampai di situ, baterai lithium-polymer yang digunakan berpadu dengan teknologi pengisian daya dari ASUS melindungi laptop dari pengisian daya yang berlebihan, pembengkakan fisik baterai, dan penurunan kapasitas dalam waktu cepat sehingga tetap prima dengan masa pakai yang panjang.

Sistem operasi Windows 10 sudah terpasang dan asli

Pengguna komputer dengan tipe apapun, khususnya mereka yang awam, tidak mau direpotkan dengan pemasangan sistem operasi setelah pembelian laptop. Waktu yang lama, ketidaktahuan cara mengatur laptop, harga lisensi resmi yang mahal jika dibeli terpisah, dan risiko ditipu penjual bahwa sistem operasi yang dipasangkan asli padahal palsu, membuat pengguna memilih untuk memboyong pulang laptop dengan sistem operasi bawaan dari pabrik. Lisensinya harus asli nan resmi untuk mendapatkan dukungan perangkat lunak di masa depan dan aman dari risiko pelanggaran hukum serta keamanan perangkat. Satu lagi, dia harus kompatibel terhadap aplikasi dan mudah digunakan, sehingga kandidatnya hanyalah satu yaitu Windows 10! Tenang, setiap pembelian VivoBook Ultra A412DA sudah mendapatkannya dengan lisensi resmi dan sudah terpasang di laptop. Pulang, tinggal pakai!

S01-P01-Windows10

Sensor sidik jari untuk login aman dan cepat ke sistem operasi

Berada di ruang publik menjadikan tindakan memasukkan password atau PIN kuranglah aman ketika login ke sistem operasi. Ketika kita lengah sedikit, bisa-bisa orang di sekitar kita melakukan akses tanpa izin. Jika kita menggunakan kunci yang sama untuk banyak akun, siap-siap dibobol habis-habisan. Selain tidak aman, metode memasukkan PIN atau password ini juga sudah tidak efektif karena memakan waktu cukup lama.

Fingerprint Sensor of VivoBook Ultra

VivoBook Ultra A412DA hadir dengan sensor sidik jari. Bentuknya tak lagi garis tipis seperti laptop zaman dulu, tetapi persegi dengan luas permukaan yang cukup baik dan posisi yang mudah dijangkau di pojok kanan atas touchpad sehingga kecepatan dan akurasi deteksi menjadi lebih baik. Kita pun bisa menggunakannya untuk login ke sistem operasi dengan dukungan Windows Hello, lebih aman dan lebih cepat. Orang lain tidak bisa melihat kodenya karena kode itu ada di jari tangan kita, bukan kita ya tidak bisa masuk dong.

WindowsHello

Layanan purnajual untuk menjaga laptop kita tetap prima

Laptop dibeli dengan merogoh kocek cukup dalam, di sana terdapat banyak data dan aplikasi yang sangat berarti untuk kehidupan kita. Sekalinya mengganti laptop, begitu banyak data harus dipindahkan dan semua aplikasi dipasang dari nol, sangat merepotkan. Untuk itu, kita harus menjaga laptop tetap prima untuk jangka waktu yang cukup lama.

Ketika terjadi masalah atau kerusakan, posisi kebanyakan di antara kita sebagai pengguna awam tentu tidak mampu memperbaikinya sendiri. Daripada membawanya ke sembarang tempat perbaikan yang belum tentu membuat laptop menjadi lebih baik, tentu kita membawanya ke service center resmi. Bagaimana jika sedang berada di luar kota? Layanan purnajual ASUS ada di seluruh Indonesia dengan kualitas yang prima, jadi tak usah takut!

S02-P05-ServiceCenter

Kesimpulan

Bagi kalian yang sedang ingin mewujudkan resolusi #2019GantiLaptop, siapapun kalian ASUS VivoBook Ultra A412DA adalah solusi sempurna karena :

  1. Diperkuat oleh prosesor AMD Ryzen generasi ke-3 terbaru dengan kartu grafis Vega yang menjamin performa handal dalam segala skenario dan pengalaman tanpa nge-lag
  2. Kapasitas penyimpanan besar untuk menginstal aplikasi dan menyimpan segala data tanpa memerlukan perangkat eksternal
  3. Konektivitas kabel dan nirkabel yang lengkap untuk menunjang produktivitas
  4. Keyboard dengan ukuran penuh dan lampu backlit serta engsel ErgoLift yang mengangkat sudutnya untuk pengalaman mengetik terbaik sekalipun di tempat gelap
  5. Kualitas audio memukau dengan teknologi ASUS SonicMaster
  6. Daya tahan baterai seharian dan pengisian daya cepat
  7. Sistem operasi Windows 10 asli yang sudah terinstal dengan baik dari pabrik
  8. Sensor sidik jari untuk login dengan fitur Windows Hello
  9. Layanan purnajual prima di seluruh Indonesia
  10. Ukuran layar ideal untuk mata dengan dimensi terkompak, bobot paling ringan, dan ketebalan paling tipis di kelasnya, bahkan bisa masuk ke kantong
  11. Ekspresi warna-warni ceria dengan empat warna bodi dan tampilan layar yang memanjakan mata

Dengan sebelas kesempurnaan ini, kita hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp6.599.000 untuk varian Ryzen 3 dan Rp8.599.000 untuk varian Ryzen 5, sangat-sangat terjangkau dibandingkan pesaing di kelasnya. Tunggu apalagi, yuk boyong pulang si world’s smallest 14 inch colorful notebook ini dan rasakan pengalaman menggunakan laptop ringkas tanpa worry dengan performa yang mumpuni!

4 respons untuk ‘Travelling dan Tetap Kerja Tanpa Worry dengan The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook, ASUS VivoBook Ultra A412DA!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.