Memahami Info Bimtek Pusdiklat Pemendagri untuk Meningkatkan Kompetensi Diri dan Menuju Indonesia Maju

Bimtek01.jpg

Berkecimpung di dunia profesi itu tidak mudah, baik sebagai pegawai negeri, pekerja swasta, maupun pelaku industri. Kita selalu dihadapkan pada tantangan untuk meningkatkan produktivitas manusia dari hari ke hari dan bertindak selaras dengan kebijakan Pemerintah sehingga mampu memeroleh manfaat maksimal dan berkontribusi terhadap kemajuan negara. Jika kita mengetahui info bimtek Pusdiklat Pemendagri sesegera mungkin, kita bisa mengikuti bimbingan teknis (bimtek) dan pelatihan serta memberikan masukan demi sinergi yang baik antara Pemerintah dengan industri.

Pusdiklat Pemendagri, alias Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pemerintahan Dalam Negeri, merupakan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan (diklat), workshop, serta bimbingan teknis (bimtek) dengan dukungan tenaga profesional yang berkompeten di bidangnya berlandaskan semangat persatuan dan persaudaraan. Tujuan akhirnya, tentu saja sinkronisasi antara kebijakan pemerintah dengan dunia industri sehingga program pemerintah bisa tercapai dan produktivitas sumber daya manusia (SDM) meningkat secara berkelanjutan melalui berbagai kegiatan Pendidikan, pelatihan, dan pemberian motivasi. Secara singkat, Pusdiklat Permendagri memiliki motto yaitu “Bersama Membangun Sumber Daya Manusia”.

Sebelum memilih kegiatan yang akan diikuti, Anda haruslah memahami info bimtek dengan baik. Isinya, tentu berupa sekumpulan informasi kegiatan dan materi bimbingan teknis yang diberikan kepada para peserta sehingga berguna dan bermanfaat dalam meningkatkan kompetensi dan kemampuan berkolaborasi secara efektif bagi para pesertanya. Bentuknya beragam, mulai dari Pendidikan dan pelatihan (diklat), bimbingan teknis (bimtek), studi banding, outbound, seminar, dan kegiatan lainnya. Sasaran dan topiknya sangat beragam, meliputi : bimtek DPRD, bimtek desa, lurah, atau camat, bimtek keuangan, bimtek kepegawaian, bimtek barang dan aset, bimtek pemerintahan daerah, bimtek pengadaan barang/jasa pemerintah, bimtek kearsipan, bimtek kesehatan dan rumah sakit, bimtek perpajakan, bimtek penanaman modal, bimtek UMKM, bimtek Satpol PP, bimtek kependudukan dan catatan sipil (capil), bimtek badan usaha, bimtek bidang hokum, bimtek penyusunan APBD, sampai bimtek pengelolaan keuangan desa. Tak sampai di situ, Pusdiklat Pemendagri juga akan memberikan sosialisasi terkait Peraturan Presiden (Perpres), Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri), Peraturan Menteri Keuangan (Permenkeu), dan Peraturan Pemerintah (PP).

Dari topik di paragraf sebelumnya, terdapat lebih banyak lagi materi yang bisa dibahas dan untuk itulah Pusdiklat Pemendagri memberikan judul-judulnya secara spesifik untuk dipilih sesuai kebutuhan, baik kepada peserta dari pihak institusi maupun individu dari kalangan pemerintahan maupun swasta demi manfaat terkait kinerja yang membaik. Untuk setiap judul, Pusdiklat Pemendagri dengan baik hati memberikan materi pengantar secara cukup detil lengkap dengan jadwal bimtek yang tersedia.

Bimtek03.jpg

Ketika penulis membuka situsnya di tanggal 16 Januari 2019, jadwal baru tersedia sampai bulan Juni 2019 lengkap dengan lokasi, biaya, fasilitas, dan kontak terkait konfirmasi peserta. Anda bisa memilih lokasi terdekat dari posisi Anda dan Pusdiklat Pemendagri menyediakan banyak pilihan, meliputi : Jakarta, Bali, Bandung, Batam, Makassar, Lombok, Malang, Manado, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Pekanbaru, Samarinda, Semarang, Surabaya, dan Yogyakarta. Jika jadwal tersebut tidak ada yang cocok dan/atau ingin mengadakan kegiatan khusus untuk institusi Anda, tersedia fitur request jadwal untuk digunakan. Semuanya tersedia dengan biaya yang terjangkau sehingga tidak memberatkan individu maupun lembaga.

Bimtek05.jpg

Bagi Anda yang meragukan legalitasnya, Pusdiklat Pemendagri sebagai media riset, Pendidikan, dan pelatihan telah mengantongi SK Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI dengan nomor AHU-0004660.AH.01.07.2018 dengan galeri kegiatan untuk melihat dokumentasi terkait apa saja yang sudah dilakukan.

bimtek04

Anda bisa menghubungi lembaga ini melalui telepon, faksimile, dan WhatsApp, email, website (berdiri sejak 27 Februari 2018), dan datang langsung ke sekretariatnya di Jakarta Utara, tepatnya Jalan Cemara Ujung Blok 11 No. 2 Lantai 1. Jika ingin mengirimkan surat, jangan lupa kode posnya adalah 14260.

Bimtek02.jpg

Dengan demikian, kita tentu berharap kompetensi sumber daya manusia baik di pihak PNS maupun pekerja swasta bisa meningkat sehingga produktivitas naik, mampu menciptakan keselarasan kegiatannya dengan kebijakan dan program Pemerintah, serta pada akhirnya Indonesia maju.