#BukaInspirasi dan Kembangkan Diri untuk Berwirausaha dengan Dirikan UKM di Bukalapak

Seribu jalan menuju Roma, seribu cara pula untuk mendapatkan uang. Ada yang Halal, ada yang haram. Ada yang legal, ada pula yang ilegal. Jika menginginkan rezeki yang Halal, legal, dan pasti, bekerja di perusahaan dengan bidang usaha yang baik menjanjikan pendapatan pasti. Masalahnya, tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk mendapatkan lapangan kerja sekalipun memiliki kepribadian dan kemampuan yang unggul. Jika mendapatkannya pun, tidak semua orang memiliki keberuntungan untuk mendapatkan penghasilan yang mumpuni dan jabatan yang terus meningkat sesuai kemampuan dan pengalamannya. Banyak orang hidup dalam kondisi pas-pasan dan tidak berkembang dari waktu ke waktu. Kesalahan pola pikir yang mereka miliki adalah mereka takut berwirausaha dan alasan yang sering digunakan adalah modal yang besar. Ketika gaji selama ini hanya pas-pasan, mereka kesulitan untuk menyediakan modal sekaligus waktu untuk mengelola usaha tersebut. Jika harus keluar dari pekerjaan sekarang, ketidakpastian semakin bertambah karena usaha yang dirintis belum tentu berhasil. Tak ada kesuksesan dalam semalam, semua usaha dengan keuntungan yang menjanjikan dimulai dari nol sebanyak apapun modal yang dimiliki oleh pemiliknya. Bahkan, tak jarang usaha itu hanya bermula dari sampingan pemiliknya yang didirikan dengan modal yang sangat kecil dan kemudian mengantarnya menuju kesuksesan karena kerja keras dan kegigihan untuk mengembangkan usaha. Dengan demikian, tidak ada salahnya kita memulai perjalanan dengan menjadi pelaku usaha kecil dan menengah (UKM).

BL006
Bekerja di kantor memberikan penghasilan yang tetap, tetapi tetap saja terbatas dan ada batas usia sebelum memasuki usia pensiun. Foto merupakan milik Imam Faizal, narablog pengelola segelasmilo.blogspot.com.

Banyak keuntungan yang bisa diperoleh dengan mendirikan usaha sendiri. Pertama, kita memiliki fleksibilitas untuk menentukan bidang usaha, produk, dan cara kerjanya sesuai pemahaman pribadi. Kedua, kita menghindari ketergantungan terhadap pemberi kerja yang suatu saat bisa memberhentikan kita bahkan dengan alasan pribadi yang belum tentu logis. Ketiga, kita memiliki peluang untuk terus berkembang tanpa dibatasi oleh kebijakan orang lain. Keempat, kita mampu memberikan lapangan kerja kepada orang-orang di sekitar kita. Kelima, kita berkontribusi terhadap kekuatan perekonomian nasional bersama dengan para pelaku usaha lainnya se-Indonesia. Nah, sekarang kita akan membahas cara menjadi pelaku UKM yang berhasil dan merdeka bersama #BukaInspirasi.

BL007
Kembangkan diri dan jadilah pribadi yang lebih sukses dengan berwirausaha. Peta konsep merupakan milik Ubethilafosta.

Tahap 1 : Keluar dari kondisi tidak punya modal dan tidak punya ide

Keinginan untuk berwirausaha sudah muncul di benak dan di hati, tetapi permodalan tidak memadai dan ide pun tidak ada. Bagaimana saya mau berusaha? Ada satu hal yang Anda lupakan, orang-orang di sekitar Anda. Tidak semua dari mereka mengerti dan mau bersusah payah memenuhi kebutuhan mereka dengan mendatangi tempat atau menggunakan layanan online yang bisa menyelesaikannya. Karena tentunya pembaca blog ini pasti memiliki perangkat pintar dan terhubung dengan koneksi internet, Anda dapat memanfaatkan dua hal tersebut untuk mulai berusaha dengan menyasar para pelanggan offline ini melalui berbagai keuntungan, kemudahan, dan komisi yang didapat dengan menjadi agen Bukalapak.

BL008
Salah satu warung di Palembang yang mengembangkan diri dengan menjadi agen Bukalapak. Foto merupakan milik http://ikantapa.blogspot.com.

Anda tidak perlu mengeluarkan biaya pendaftaran. Cukup unduh aplikasinya, isi formulir singkatnya, top up saldo akun Anda, dan selamat bertransaksi. Anda bebas menjalankan usaha kapan saja, dari mana saja, dan dengan marjin keuntungan berapa saja hanya melalui perangkat pintar. Untuk membantu kelancaran berusaha, Anda juga akan dibantu oleh tim support khusus agen Bukalapak. Di tahap awal, Anda bisa menjual pulsa, paket data, token listrik, voucher game, tiket kereta, tiket pesawat, jasa pembayaran tagihan listrik pascabayar, BPJS Kesehatan, PDAM, dan pembelian emas melalui Bukaemas yang tidak membutuhkan modal terlalu besar.

BL002
Keuntungan dan kemudahan yang diperoleh dengan memulai usaha dan menjadi agen Bukalapak. Infografis diunduh dari situs Bukalapak dan telah melalui proses kreatif oleh penulis.

Seiring berdatangannya pelanggan dan bertambahnya keuntungan yang dapat digunakan untuk memodali usaha, Anda bisa mulai membuka toko serba ada sendiri. Untuk mendukung usaha Anda ini, Bukalapak menyediakan fitur belanja grosir dengan harga murah, gratis ongkos kirim, dan proses yang mudah.

BL001
Kemudahan agen Bukalapak untuk membeli produk secara grosir, murah, dan gratis ongkos kirim. Infografis diunduh dari situs Bukalapak dan telah melalui proses kreatif oleh penulis.

Jangan anggap remeh peluang seperti ini. Saya punya pengalaman dengan seorang supir pribadi yang dulu berani keluar dari pekerjaan dengan uang yang hanya cukup untuk menyewa lapak berjualan pulsa di salah satu apartemen di Jakarta. Setiap harinya beliau berjualan pulsa di sana sampai mengumpulkan modal yang cukup untuk berjualan masakan dengan membeli bahannya secara grosir. Dari situ, kemakmurannya mulai meningkat sampai kini bisa menghasilkan produk pertanian dari sawahnya sendiri di kampung dan menyewakan kendaraan barang miliknya sendiri.

Tahap 2 : Bekerja sama dengan pelaku usaha di daerah Anda

Ketika usaha Anda sudah mulai ramai dan sukses, tentu orang lain akan lebih tertarik untuk bekerja sama dengan Anda dibandingkan ketika Anda masih benar-benar berada di titik nol. Selama Anda masih belum punya ide mengenai barang apa yang bisa dan akan Anda produksi, kerja sama dengan pelaku usaha yang telah menghasilkan karya adalah peluang yang cukup bagus. Hal ini terjadi lantaran mereka sering kali masih kesulitan untuk memasarkan barangnya secara online karena kurangnya kemampuan mengoperasikan perangkat pintar. Padahal, dunia maya menjanjikan target pasar dan keuntungan yang jauh lebih besar dan terus berlangsung selama 24 jam selama strategi yang diterapkan tepat guna dan tepat sasaran. Peran Anda di sini adalah mengambilkan foto produk dengan baik, menulis deskripsi yang jelas, mengunggahnya ke Bukalapak, dan memastikan pelayanan dalam bertransaksi berjalan dengan baik sehingga memuaskan pelanggan. Risiko kerugian yang dihadapi sangatlah minim, Anda mendapatkan bagian dari keuntungan yang telah disepakati, dan pelaku usaha bisa mempromosikan produknya dengan lebih mudah dan murah. Sekali lagi, jangan meremehkan potensinya! Saya punya sedikit cerita mengenai penjual online yang memulai kisah suksesnya dengan membantu produsen kopi di daerahnya dan importir kosmetik dari Korea Selatan berjualan online. Modalnya? Hanya ponsel pintar dan kuota internet yang sudah dimiliki.

Mengapa harus Bukalapak? Bukalapak adalah salah satu marketplace terbesar di Indonesia dengan valuasi di atas USD 1 miliar, keandalan teknologi yang selalu berada di posisi terdepan, dan tim customer support terbaik untuk menangani masalah baik yang dialami oleh pelapak (istilah penjual di Bukalapak) maupun para pembelinya. Promosi dan subsidi yang sering diberikan bersamaan dengan fitur menawar harga bernama “nego cincai” tentu semakin menarik minat pelanggan datang ke Bukalapak. Sekarang, apa yang harus Anda lakukan? Pertama, bukalah lapak dengan nama yang baik dan menarik. Kedua, atur alamat sumber barang, jasa pengiriman yang akan digunakan, nomor telepon, dan rekening bank yang akan menerima pembayaran dari transaksi pelanggan. Ketiga, unggah dan promosikan barangnya. Keempat, pastikan pengiriman berlangsung dengan baik dan tepat waktu. Kelima, pastikan stok barang selalu tersedia. Keenam, pastikan respon terhadap pertanyaan dan transaksi pembeli selalu cepat.

Untuk semakin meningkatkan prospek penjualan, Anda disarankan berlangganan akun premium yang tersedia dalam paket basic, professional, dan platinum yang akan segera meluncur. Layanan ini tersedia dalam pembayaran bulanan, semesteran, dan tahunan sesuai dengan kocek yang dimiliki, mulai dari Rp1.849 per hari untuk langganan paket basic selama setahun sampai Rp7.500 per hari untuk langganan paket professional selama sebulan. Selain membuat lapak dan produk terlihat lebih terpercaya, Anda juga mendapatkan fitur berupa statistik dan promosi penjualan. Fitur promosi berupa push dan promoted push juga tersedia dengan harga yang terjangkau untuk memastikan produk Anda berada dalam posisi teratas hasil pencarian.

BL004
Layanan akun premium dan promosi yang ditawarkan oleh Bukalapak untuk meningkatkan penjualan. Tidak mau melakukannya? Tidak apa-apa. Anda tetap bisa berjualan secara gratis di Bukalapak. Infografis diunduh dari situs Bukalapak dan telah melalui proses kreatif oleh penulis.

Tahap 3 : Mulai memproduksi dan memasarkan produk Anda sendiri

Menjual barang produksi orang lain bukanlah perkara yang mudah. Anda tidak mengendalikan proses produksi dan distribusi barang itu sendiri, semuanya bergantung kepada produsen yang menjadi mitra Anda. Ke depannya, produsen tersebut mungkin saja memilih untuk bermitra juga dengan orang lain atau memasarkan produknya sendiri. Jika hal ini terjadi, tentunya akan terjadi perang harga. Marjin keuntungan Anda akan semakin menipis dan Anda akan semakin sulit bersaing. Pembeli tentu akan datang kepada produsennya langsung dengan stok yang lebih banyak dan harga yang lebih murah.

Sekarang, setelah Anda punya modal dan sudah menguasai teknik berjualan online, saatnya mulai mengembangkan ide untuk memproduksi dan memasarkan produk Anda sendiri. Hal yang harus Anda lakukan di awal adalah mencari produk yang belum diproduksi oleh orang lain, memiliki data terkait prospek pelanggan yang membutuhkannya, dan sekaligus memahami detil dari spesifikasi produk yang mereka inginkan. Dengan demikian, Anda mulai bisa mendesain dan memproduksi produk Anda sampai siap untuk dijual. Tahap berikutnya adalah memasarkan dan mempromosikan produk tersebut di lapak Bukalapak Anda. Hanya saja, satu hal yang perlu ditambahkan adalah mengajukan perlindungan hak cipta, hak paten, dan perizinan layak edar terhadap produk tersebut sehingga pihak lain tidak bisa seenaknya menyalin dan menjual produk dengan harga yang lebih murah untuk mematikan bisnis Anda. Jika modal Anda di kemudian hari lagi-lagi kurang, Bukalapak bisa memberikan kebutuhan dana hingga Rp25 juta hari itu juga jika bisnis Anda tergolong bagus tanpa harus melalui proses yang berbelit-belit dan kebutuhan akan jaminan seperti disampaikan oleh pendirinya dalam Indonesia Development Forum (IDF) 2018 di Jakarta.

Tahap 4 : Meningkatkan kemampuan dan berkoneksi dengan sesama pelaku UKM lainnya

Dalam rangka dapat terus mengembangkan kualitas dan nilai tambah produk Anda yang tergabung dalam serangkaian produk lokal yang dijual kepada masyarakat, Anda harus terus menambah pemahaman dalam berbagai aspek terkait produksi dan distribusi produk. Atas insiatif para pelapak, Bukalapak mengumpulkan komunitas pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dari berbagai daerah dalam acara Kopdar Komunitas Bukalapak sebagai ajang berbagi ilmu bisnis di dalam platformnya. Dari sini, Bukalapak memiliki sebanyak 83 komunitas UKM yang tersebar di puluhan kota di seluruh Indonesia berdasarkan konsep gotong royong dan kolaborasi.

Ke depannya, sampai akhir tahun 2018 ini Bukalapak menargetkan jumlah pengunjung bisa melewati batas tujuh puluh juta orang. Jumlah pelapak pun ditargetkan naik dari tiga juta menjadi lima juta dari jumlah UKM di Indonesia yang berada dalam rentang empat puluh sampai lima puluh juta unit.

BL009
Performa situs Bukalapak menurut situs penilai SimilarWeb.

Tahap 5 : Membuat target yang terus meningkat setinggi langit

Cita-cita itu harus setinggi langit, bukan hanya setinggi gedung bahkan “pohon tauge”. Hidup ini tidak diciptakan untuk membatasi diri, jadi Anda harus terus berusaha mengembangkan diri. Inspirasi bahwa target bisnis itu tak terbatas bisa Anda dapatkan pula dari pelaku UKM yang sudah lebih dulu terjun di Bukalapak dan saya kutip dari laman blog Bukalapak.

Sigit Nurdyansyah, misalnya. Ia coba menjajal peruntungannya berdagang di dunia maya lewat situs Bukalapak. Pria ini mulai fokus berjualan online dari keinginannya memenuhi kebutuhan biaya untuk pengobatan anaknya yang baru lahir dan sedang sakit sehingga harus sering keluar-masuk rumah sakit. Selain waktu kerjanya banyak tersita, perputaran uang di rumah juga sangat terganggu karena pengeluaran biaya untuk pengobatan yang cukup besar. Ini menjadi dorongan besar yang membuat dirinya fokus dan totalitas membesarkan bisnisnya secara online. Totalitas dalam membesarkan bisnisnya di Bukalapak sejak Februari 2012, menempatkan Nurdyansyah kini sebagai top seller di Bukalapak. Hingga awal Maret 2015, ia telah membukukan 5.284 transaksi di situs tersebut degan omzet sekitar Rp200 juta per bulan dan rata-rata tiga puluh transaksi per hari.

BL005
Sigit Nurdyansyah membagikan pengalamannya keluar dari pekerjaan tetap dan meraih kesuksesan dalam berbisnis bersama Bukalapak. Foto merupakan milik Bukalapak.

Beliau ini mengakui memperoleh semua itu tidak secara instan. Di awal tahun 2010 saat pertama kali dirinya mengenal transaksi jual-beli secara online. Waktu itu, ia mencoba membeli sepeda secara online. Namun, bukannya barang diperoleh secara utuh, uang yang telah ditransfernya pun raib entah kemana. Untungnya, beliau memiliki teman di sebuah bank, sehingga transaksi tersebut dibatalkan dan ia mendapatkan kembali uangnya. Setelah menjajaki beberapa marketplace online yang ada, akhirnya pilihan jatuh ke Bukalapak karena dijamin keamanannya. Pembeli melakukan pembayaran terlebih dahulu ke Bukalapak dan baru dibayarkan kepada pelapak jika item yang dijual sudah diterima oleh pembeli. Sehingga pembeli terhindar dari transaksi jual-beli palsu.

Di situs Bukalapak, Dyansyah menjual aksesoris gadget kelas premium, mulai dari antigores, baterai, casing, dan produk lainnya sampai mencapai lebih dari tiga ribu item. Beliau beralasan bahwa produk-produk berkualitas premium cukup stabil karena defect produknya kecil sehingga kemungkinan retur kecil dan berujung pada kepuasan konsumen. Alasan lainnya, orang-orang yang tinggal di daerah-daerah masih cukup sulit mencari produk-produk aksesoris gadget kualitas premium di samping tren yang sekarang berkembang ketika orang perkotaan enggan menghadapi kemacetan hanya untuk membeli aksesoris gadget.

Selama ini, Dyansyah mengaku tidak khawatir dengan banyaknya pelapak yang menjual produk serupa. Baginya, harga murah bukan faktor utama produk dibeli. Ia telah menyiapkan strategi khusus, yakni produk yang lengkap dan berusaha menyediakan aksesoris gadget sebelum gadget itu diluncurkan. Satu strategi lagi yang menjadi andalannya adalah pelayanan dan layanan purna jual yang cukup berperan besar dalam meningkatkan penjualan. Komunikasi aktif dengan pembeli maupun calon pembeli menjadi sangat penting, ujarnya.

Berkat usaha kerja yang disertai doa dan tawakal, secara perlahan Dyansyah mampu mendongkrak nilai transaksi penjualannya hingga mencapai top performance seller pada awal 2014. Karena itu, sejak Juli 2014, ia memutuskan untuk mengundurkan diri dari PT Indofood Sukses Makmur setelah lima tahun menjadi karyawan dengan posisi terakhir sebagai Kepala Seksi dengan gaji yang lumayan besar. Untuk tahun 2015, pria asal Ngawi ini tengah mempersiapkan gudang sekaligus ruang kerjanya di lantai dua rumahnya yang berada di perumahan Kristal Garden, Cibinong, Bogor. Gudang ini untuk menampung stok yang nilainya sudah mencapai miliaran rupiah dan semuanya memiliki kualitas orisinil. Kini, Dyansyah bisa menikmati hidupnya sambil membesarkan bisnisnya. Ia juga bisa membantu sang istri untuk menjaga dan membesarkan anak-anaknya tanpa harus menyita waktu kerjanya.

Bagaimana, pengunjung setia Official Cevan Ideas? Tidak ada alasan lagi untuk tidak mulai mendirikan UKM sendiri hanya karena tidak punya modal, bukan? Bukalapak dan perkembangan teknologi memberikan keadilan berusaha bagi semua orang yang harus segera dimanfaatkan. Untuk itu, segera daftarkan diri Anda di Bukalapak.

Iklan

3 respons untuk ‘#BukaInspirasi dan Kembangkan Diri untuk Berwirausaha dengan Dirikan UKM di Bukalapak

  1. Selamat mas menjadi pemenang kompetisi blog sebagai blogger terbaik bukalapak.

    Saya sendiri ikut tapi tak masuk hitungan karena kesalahan sendiri. Saya coba belajar dari tulisan mbak https://officialcevanideas.wordpress.com/2018/08/12/bukainspirasi-dan-kembangkan-diri-untuk-berwirausaha-dengan-dirikan-ukm-di-bukalapak/ dan mengulasnya di blog saya. Ini linknya https://www.buatblogger.net/2018/11/kompetisi-blog-bukalapak.html penasaran saya bagaimana caranya bikin tulisan yang bisa dishare oleh banyak orang di media sosial.

    Bagi rahasianya boleh mas?

    Salam,

    Kandra

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.